Dalam penelitian kelas sesunggunya
banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh
sifat gueu terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi
guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih
banyak lagi. Dan jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka
terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku
murid terhadap sikap dan perilaku pedagogik guru, hasil belajar yang mencakup
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, teori pembelajaran dalam kelas,
inovasi pembelajaran dalam kelas, teori pendidikan dan paradigma pendidikan
dalam pembelajaran, pentingnya motivasi belajar siswa, apersepsi belajar siswa,
hakikat motivasi belajar, hakikat apersepsi dan pengembangan apersepsi, metode
pembelajaran, aktivitas belajar mandiri siswa, aktivitas belajar siswa
kelompok, pengembangan kerjasama siswa dalam pembelajaran, pengembangan
ketrampilan siswa, pencapaian kompetensis siswa, evaluasi proses pembelajaran,
evaluasi hasil pembelajaran, pengembangan instrumen pembelajaran, pengembangan
portofolio untuk hasil belajar, reliabilitas dan validitasi instrumen
penilaian, pengembangan RPP, pengembangan lembar kerja siswa, pengembangan alat
bantu pembelajaran, pengembangan alat peraga pembelajaran, dan mencakup teori
hakikat matematika.
No comments:
Post a Comment