Thursday, June 13, 2013

Refleksi Elegi Menggapai Obyek Penelitian

Dalam penelitian kelas sesunggunya banyak obyek yang harus diamati, antara lain sifat guru, sifat siswa, pengaruh sifat gueu terhadap aktivitas belajar siswa, sikap dan perilaku pedagogik  guru, pengaruh sikap dan perilaku pedagogi guru terhadap hasil belajar siswa, sikap dan perilaku belajar siswa, dan masih banyak lagi. Dan jika ingin meningkatkan kualitas penelitian kelas maka terdapat beberapa hal yang harus diamati, misalnya pengaruh sikap dan perilaku murid terhadap sikap dan perilaku pedagogik guru, hasil belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, teori pembelajaran dalam kelas, inovasi pembelajaran dalam kelas, teori pendidikan dan paradigma pendidikan dalam pembelajaran, pentingnya motivasi belajar siswa, apersepsi belajar siswa, hakikat motivasi belajar, hakikat apersepsi dan pengembangan apersepsi, metode pembelajaran, aktivitas belajar mandiri siswa, aktivitas belajar siswa kelompok, pengembangan kerjasama siswa dalam pembelajaran, pengembangan ketrampilan siswa, pencapaian kompetensis siswa, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, pengembangan instrumen pembelajaran, pengembangan portofolio untuk hasil belajar, reliabilitas dan validitasi instrumen penilaian, pengembangan RPP, pengembangan lembar kerja siswa, pengembangan alat bantu pembelajaran, pengembangan alat peraga pembelajaran, dan mencakup teori hakikat matematika.

No comments:

Post a Comment