Thursday, June 13, 2013

Refleksi Elegi Mengenal Jargon

Selama ini saya mengenal jargon sebagai simbol atau penyemangat tim. Misalnya, “Kelompok Satu BISA”, “Regu A LUAR BIASA”, dan sebagainya. Namun setelah membaca elegi ini saya jadi penasaran tentang apa sih sebenarnya jargon itu. Dan akhirnya saya mencari makna jargon di internet, saya baca beberapa blog  dan akhirnya saya mendapatkan pemahaman baru bahwasanya JARGON adalah istilah khusus dalam sebuah bidang keilmuan tertentu. Sehingga terkadang orang awam tidak mampu untuk memahami apa sebenarnya maksud dari suatu pernyataan yang mengandung jargon khusus. Sehingga penggunaan jargon terkadang dapat membuat kesalahan persepsi si pendengar atau pembaca. Karena jargon merupakan istilah khusus di suatu bidang ilmu khusus. Jadi yang memahami maksud jargon hanyalah orang yang ahli dalam bidang tersebut, menekuni bidang itu, atau yang sedang mempelajari bidang tersebut. Namun, seorang pembelajar biasa bisa saja memahami jargon-jargon khusus bidang keilmuan tertentu. Hal tersebut dkarenakan kemampuan itu didapatnya dari proses belajar. Seorang pembelajar yang tekun dan gigih akan berkelana mengarungi segala batas bidang keilmuan untuk mendapatkan ilmu. Melalui berbagai pengalaman membaca dan mengeksplor referensi dia akan mendapatkan ilmu yang sangat berarti. 

No comments:

Post a Comment