Sebagai seorang calon guru, jauh-jauh hari selagi
masih ada kesempatan untuk belajar dan belajar, maka sebisa mungkin marilah
kita belajar untuk mengajar di hari depan kelak. Salah satu cara mempersiapkan
diri untuk menjadi seorang pengajar adalah mengidentifikasi masalah-masalah
yang berkaitan dengan pembelajaran suatu mata pelajaran. Misalnya, masalah anak
didik pada khusunya atau pun masalah proses pembelajaran pada umumnya dalam
mata pelajaran matematika siswa Sekolah Dasar (SD). MATEMATIKA. Matematika untuk
anak SD bagi anak SD sendiri memunculkan berbagai tanggapan dan kesena
tersendiri. Dan tentunya ada yang memiliki kesan baik terhadap mata pelajaran
ini dan ada pula yang memiliki kesan kurang baik pada matematika. Kesan kuran
baik ini merupakan salah satu persoalan atau masalah yang muncul dalam dunia
pembelajaran matematika sejak tingkat Sekolah Dasar. Matematika terkesan sulit.
Ada masalah ada solusi. Solusi untuk menghilangkan kesan sulit terhadap mata
pelajaran matematika sesungguhnya harus muncul dari diri siswa sendiri. Siswa secara
sadar harus mampu menghilangkan persepsi negative itu. Di sinilah peran seorang guru dijalankan, sebagai
fasilitator siswa dalam belajar melalui berbagai metode pembelajaran yang
inovatif. Dari solusi pengubahan persepsi ini pun akan menghasilkan sebuah
rumusan masalah kembali, yaitu tentang bagaimana guru mampu memfasilitasi agar
siswa mampu belajar matematika dengan baik khususnya dalam mengembangkan
kemampuan matematika (mathematical
thingking). Dan kelanjutan dari
masalah itu adalah tentang adanya kesenjangan kemampuan dan kecerdasan olah pikr
siswa dalam mata pelajaran matematika dalam satu kelas. Jikalau diturut lebih
jauh maka akan banyak masalah-masalah baru muncul. Oleh karena itu, saat ini,
selagi masih diberikan waktu yang cukup banyak untuk melakukan persiapan dalam
menghadapai masalah-masalah tersebut di atas secara efektif dan efisien, maka
marilah kita terus belajar, bereksplorasi, dan meneliti. Sehingga ketika tiba
waktunya untuk kita beraksi secara nyata maka berbagai usaha yang nantinya akan
menciptakan sebuah pengalaman berharga akan tercipta dan semoga bermanfaat
dalam profesi sebagai pendidik nantinya.
Analisis dan identifikasi masalah khusunya dalam
pembelajaran matematika yang dilakukan dalam proses yang panjang, sistematis,
dan melaui perenungan yang mendalam akan dimungkinkan menciptakan suatu metode
pembelelajaran inovatif yang akan memecahkan berbagai masalah dan diharapkan
melalui pembelajaran matematika dengan metode yang digunakannya mampu
mempengaruhi kepribadian, prestasi belajar, dan menumbuhkan nilai-nilai moral
pada siswa.
CC: Bapak Dr. Marsigit, MA
No comments:
Post a Comment