Lesson Study for ABK
Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan sebuah kegiatan yang sangat bermakna
bagi dunia pendidikan khusunya dalam pendidikan luar biasa. Workshop dan symposium
internasional, 23-25 Agustus 2008.
Anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan upaya khusus pula dalam
membimbing mereka dan memfasilitasi belajar mereka. Lesson study (Jugyo Sinkekyu) dapat dimanfaatkan untuk
mengembangkan metode pembelajaran dalam pembelajaran matematika dan penjas adapted bagi ABK. Berbagai sistematika yang ada pada
program Lesson Study akan sangat
bermanfaat dalam kaitannya dengan progress
belajar para siswa berkebutuhan khusus ini. Hal tersebut dikarenakan unsur
utama dalam Lesson Study adalah kerja
sama. Kerja sama antarkomponen dunia pendidikan khusunya pembelajaran pada anak
berkebutuhan khusus. Sehingga akan meningkatkan profesionalitas guru,
meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai komponen pembelajaran (proses,
media, metode, hasil), melayani kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, dan lain
sebagainya. Dengan adanya Lesson Study, yang
tentu saja berbeda dengan training atau pun pelatihan lainnya maka akan
mendorong guru untuk lebih mengerti dan memahami akan bagaimana ia harus
bertindak sebagai seorang guru secara sadar. Karena guru akan merasa diberikan
kesempatan untuk mengembangkan dirinya yang didukung dengan kekuatan eksternal
bukan hanya selalu di-training atau pun digurui.
Mengajar anak berkebutuhan khusus dengan mengajar anak biasa pada
umumnya memang memiliki perbedaan yang bisa jadi begitu tinggi kesenjangannya. Sebagai
pendidik luar biasa, maka guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) juga harus memiliki
strategi luar biasa dan tentunya motivasi dan kesabaran yang luar biasa pula
dalam mengkondisikan dirinya sebagai seorang guru yang begitu mulia. Melalui Lesson Study yang tentunya dilandasi
dengan kerja sama antarberbagai pihak maka banyak pengalaman dan solusi
pemecahan masalah di dalam kelas Pendidikan Luar Biasa akan didapat dan mampu
diimplementasikan dalam pembelajaran kurikuler di dalam kelas. Hasil yang
diperoleh pun juga luar biasa dan memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi
dalam dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus, khususnya pada pembelajaran
matematika dan penjas adapted.
Semoga di hari depan juga akan muncul berbagai kegiatan,
penelitian, dan fokus pengembangan metode pembelajaran maupun pendekatan pedagogik
guru dalam kaitannya dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang juga telah
dijamin dengan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Sehingga, segala kesulitan
belajar tidak menjadi persoalan utama lagi karena adanya motivasi dari dalam
maupun dari luar pihak-pihak yang terkait dan akan menghasilkan suatu output yang relevan sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional.
SUPPORT BY :
No comments:
Post a Comment