Sunday, February 24, 2013

Refleksi Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)

Lesson Study for ABK




Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan sebuah kegiatan yang sangat bermakna bagi dunia pendidikan khusunya dalam pendidikan luar biasa. Workshop dan symposium internasional, 23-25 Agustus 2008.

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan upaya khusus pula dalam membimbing mereka dan memfasilitasi belajar mereka. Lesson study (Jugyo Sinkekyu) dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan metode pembelajaran dalam pembelajaran matematika dan penjas adapted  bagi ABK. Berbagai sistematika yang ada pada program Lesson Study akan sangat bermanfaat dalam kaitannya dengan progress belajar para siswa berkebutuhan khusus ini. Hal tersebut dikarenakan unsur utama dalam Lesson Study adalah kerja sama. Kerja sama antarkomponen dunia pendidikan khusunya pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus. Sehingga akan meningkatkan profesionalitas guru, meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai komponen pembelajaran (proses, media, metode, hasil), melayani kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, dan lain sebagainya. Dengan adanya Lesson Study, yang tentu saja berbeda dengan training atau pun pelatihan lainnya maka akan mendorong guru untuk lebih mengerti dan memahami akan bagaimana ia harus bertindak sebagai seorang guru secara sadar. Karena guru akan merasa diberikan kesempatan untuk mengembangkan dirinya yang didukung dengan kekuatan eksternal bukan hanya selalu di-training atau pun digurui.

Mengajar anak berkebutuhan khusus dengan mengajar anak biasa pada umumnya memang memiliki perbedaan yang bisa jadi begitu tinggi kesenjangannya. Sebagai pendidik luar biasa, maka guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) juga harus memiliki strategi luar biasa dan tentunya motivasi dan kesabaran yang luar biasa pula dalam mengkondisikan dirinya sebagai seorang guru yang begitu mulia. Melalui Lesson Study yang tentunya dilandasi dengan kerja sama antarberbagai pihak maka banyak pengalaman dan solusi pemecahan masalah di dalam kelas Pendidikan Luar Biasa akan didapat dan mampu diimplementasikan dalam pembelajaran kurikuler di dalam kelas. Hasil yang diperoleh pun juga luar biasa dan memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi dalam dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus, khususnya pada pembelajaran matematika dan penjas adapted.

Semoga di hari depan juga akan muncul berbagai kegiatan, penelitian, dan fokus pengembangan metode pembelajaran maupun pendekatan pedagogik guru dalam kaitannya dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang juga telah dijamin dengan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Sehingga, segala kesulitan belajar tidak menjadi persoalan utama lagi karena adanya motivasi dari dalam maupun dari luar pihak-pihak yang terkait dan akan menghasilkan suatu output yang relevan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.


SUPPORT BY :

No comments:

Post a Comment

Post a Comment