Hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995)
meliputi kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Melalui keempat
hakekat matematika ini yang diharapkan diimplementasikan dalam kegiatan
pembelajaran maka akan menciptakan iklim pembelajaran yang menitikberatkan pada
pemberdayaan keaktifan dan kontribusi siswa dalam proses belajar dan mengajar. Kegiatan
penelusuran pola atau hubungan akan mendorong siswa untuk memiliki jiwa
penyelidik, teliti, dan melatih kepahaman serta kemampuan pencarian pola suatu
masalah. Kegiatan problem solving akan
melatih ketrampilan dan mengembangkan olah piker siswa akan pemecahan suatu
masalah, melatih siswa untuk berfikir logis dan sistematis, mengemukakan ide,
gagasan, serta berani mengambil tindakan yang tentunya secara rasional dan
terencana. Kegiatan investigasi akan senantiasa memelihara sifat keingintahuan
seorang siswa sehingga akan berdampak pada kesadaran untuk mengeksplorasi
dirinya dan mencoba mencari segala informasi atau materi yang diperlukannya
dari berbagai sumber atau pun narasumber. Siswa juga akan dilatih untuk
memiliki tanggapan terhadap suatu rangsangan masalah secara sadar dan terstruktur
untuk memecahkannya melalui sebuah proses investigasi. Matematika adalah komunikasi
dalam hakekat matematika sekolah akan melatih siswa untuk menghargai segala
pendapat yang ada, melatih olah cakap siswa dalam mengemukakan pendapat atas
persoalaan-persoalan matematika, serta dapat menjelaskan berbagai persoalaan
yang terkait dengan pembelajaran matematika secara mateatis dan sistematis.
Keempat hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker
ini akan mendukung proses pembelajaran yang inovatif dengan memberdayakan siswa
sebagai objek dan subjek utama pembelajaran.
CC: Bapak Dr. Marsigit, MA
No comments:
Post a Comment