Saturday, February 23, 2013

Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics



Hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker (1995) meliputi kegiatan penulusuran pola atau hubungan, kegiatan problem solving, kegiatan investigasi, dan komunikasi. Melalui keempat hakekat matematika ini yang diharapkan diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran maka akan menciptakan iklim pembelajaran yang menitikberatkan pada pemberdayaan keaktifan dan kontribusi siswa dalam proses belajar dan mengajar. Kegiatan penelusuran pola atau hubungan akan mendorong siswa untuk memiliki jiwa penyelidik, teliti, dan melatih kepahaman serta kemampuan pencarian pola suatu masalah. Kegiatan problem solving akan melatih ketrampilan dan mengembangkan olah piker siswa akan pemecahan suatu masalah, melatih siswa untuk berfikir logis dan sistematis, mengemukakan ide, gagasan, serta berani mengambil tindakan yang tentunya secara rasional dan terencana. Kegiatan investigasi akan senantiasa memelihara sifat keingintahuan seorang siswa sehingga akan berdampak pada kesadaran untuk mengeksplorasi dirinya dan mencoba mencari segala informasi atau materi yang diperlukannya dari berbagai sumber atau pun narasumber. Siswa juga akan dilatih untuk memiliki tanggapan terhadap suatu rangsangan masalah secara sadar dan terstruktur untuk memecahkannya melalui sebuah proses investigasi. Matematika adalah komunikasi dalam hakekat matematika sekolah akan melatih siswa untuk menghargai segala pendapat yang ada, melatih olah cakap siswa dalam mengemukakan pendapat atas persoalaan-persoalan matematika, serta dapat menjelaskan berbagai persoalaan yang terkait dengan pembelajaran matematika secara mateatis dan sistematis.

Keempat hakekat matematika sekolah menurut Ebbutt and Straker ini akan mendukung proses pembelajaran yang inovatif dengan memberdayakan siswa sebagai objek dan subjek utama pembelajaran.




CC: Bapak Dr. Marsigit, MA






No comments:

Post a Comment