Tuesday, February 26, 2013

Refleksi Metodologi Pendidikan



 Identifikasi Masalah


Berbagai identifikasi masalah dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika di dalam kelas adalah sangat penting untuk diketahui seorang guru maupun calon guru beserta seluruh pihak yang berkaitan dengan dunia pembelajaran matematika. Agar tujuan kurikuler pembelajaran matematika dapat dicapai secara optimal maka kita harus mengetahui dan memahami segala seluk-beluk permasalahan yang menyangkut komponen-komponen pembelajaran matematika (RPP, media, metode, sumber belajar, siswa, guru). Yang semua itu memerlukan inovasi pembelajaran sehingga mampu menyelasaikan berbagai masalah. Seperti pemilihan kebijakan pengelolaan kelas yang mampu menciptakan iklim pembelajaran yang menumbuhkan semangat belajar siswa, mampu merangkul kesenjangan pemikiran dan kecerdasan siswa dalam satu kelas, pembelajaran matematika yang kontekstual dan dapat diselaraskan dengan dunia anak-anak, menumbuhkan rasa gemar belajar matematika pada anak didik, dan lain sebagainya. Untuk mencapai itu semua maka dibutuhkan identifikasi dan analisis masalah, penelitian terhadap berbagai masalah, banyak referensi, banyak belajar, dan banyak membaca. Di dalam situs web Bapak Marsigit ini telah disediakan berbagai layanan pengetahuan yang khususnya tertuju pada bidang pembelajaran matematika.

Inovasi pembelajaran memang tidak mudah untuk dilakukan. Karena ketika kita mampu menyelesaikan satu permasalahan maka pasti akan timbul permasalahan yang lain. Misalnya, adalah ketika muncul suatu rumusan masalah bagaimana mengubah orientasi pembelajaran tertuju pada siswa, maka akan turut muncul pertanyaan bagaimana cara mengembangkan skema dan struktur pembelajaran matematika. Selain itu, ketika kita mengidentifikasi permasalahan bagaimana cara membawa dunia matematika ke dunia anak, maka akan muncul juga permasalahan bagaimana cara skema pemelajaran pada anak usia dini. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk berinovasi dan berimprovisasi terhadap sistem pembelajaran yang sudah ada.

No comments:

Post a Comment