Friday, February 22, 2013

REFLEKSI Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematika) pada PLPG dan Sertifikasi Guru


Sesungguhnya tujuan utama proses pembelajaran adalah membuat siswa mengerti dan memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk atau pun memanfaatkannya dalam berbagai hal. Untuk mewujudkan itu semua, tidak cukup hanya dengan pemberian materi secara lisan  dari seorang guru saja. Namun, keterlibatan siswa secara aktif adalah sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran berpusat pada siswa. Akan tetapi, muncul masalah baru. Sebuah perubahan itu tidak ada yang langsung terjadi secara instant. Karena perubahan adalah sebuah proses.

Ketika seorang guru merasa kesulitan untuk melibatkan siswa seawal mungkin dalam kegiatan pembelajaran di kelas, maka adanya sebuah apersepsi di awal pembelajaran adalah sangat penting. Apersepsi akan mampu mengkondisikan pikiran siswa sehingga dapat menyatu dan berkonsentrasi dengan materi pelajaran. Sedangkan tentang pelayanan kebutuhan seluruh siswa harus diselesaikan melalui pola atau metode pembelajaran yang inovatif dan variatif. Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG) telah memfasilitasi guru melalui jalur PLPG jalur pendidikan profesi guru. Dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat dijadikan wahana pembelajaran guru dalam pengembangan inovasi pembelajaran baik yang mencakup media pembelajaran, seperti LKS atau media audiovisual maupun dalam pengimprovisasian metode pembelajaran.

CC: Bapak Dr. Marsigit, MA
SUPPORT BY : http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/problem-utama-inovasi-pembelajaran.html?showComment=1361537600000#c4815041236289971290

No comments:

Post a Comment