Sesungguhnya
tujuan utama proses pembelajaran adalah membuat siswa mengerti dan memahami
materi pelajaran sehingga siswa dapat mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk
atau pun memanfaatkannya dalam berbagai hal. Untuk mewujudkan itu semua, tidak
cukup hanya dengan pemberian materi secara lisan dari seorang guru saja. Namun, keterlibatan
siswa secara aktif adalah sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, perlu
adanya perubahan paradigma dari pembelajaran berpusat pada guru ke pembelajaran
berpusat pada siswa. Akan tetapi, muncul masalah baru. Sebuah perubahan itu
tidak ada yang langsung terjadi secara instant. Karena perubahan adalah sebuah proses.
Ketika seorang
guru merasa kesulitan untuk melibatkan siswa seawal mungkin dalam kegiatan
pembelajaran di kelas, maka adanya sebuah apersepsi di awal pembelajaran adalah
sangat penting. Apersepsi akan mampu mengkondisikan pikiran siswa sehingga dapat
menyatu dan berkonsentrasi dengan materi pelajaran. Sedangkan tentang pelayanan
kebutuhan seluruh siswa harus diselesaikan melalui pola atau metode
pembelajaran yang inovatif dan variatif. Pusat Latihan Pendidikan Guru (PLPG)
telah memfasilitasi guru melalui jalur PLPG jalur pendidikan profesi guru.
Dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat dijadikan wahana pembelajaran guru
dalam pengembangan inovasi pembelajaran baik yang mencakup media pembelajaran,
seperti LKS atau media audiovisual maupun dalam pengimprovisasian metode
pembelajaran.
SUPPORT BY : http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/problem-utama-inovasi-pembelajaran.html?showComment=1361537600000#c4815041236289971290
No comments:
Post a Comment