Saturday, February 23, 2013

Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub's Reflection




Setelah membaca deretan pertanyaan dan jawaban-jawaban super dalam interview dengan Bapak Marsigit via whohub, maka saya sangat terkesan dan begitu banyak ilmu yang saya dapatkan melalui interview ini. Ketika saya memilih dunia pendidikan untuk menjadi masa depan saya nantinya, berbagai alasan saya cari dan beribu-ribu alasan saya temukan. Termasuk tentang prospek, materi, dan bermanfaat bagi semua. Namun kali ini saya telah kembali menemukan jawaban yang dapat mencakup semuanya dalam satu pernyataan, yaitu Education is the most complete model of world and life. Memang benar. Dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan saya juga mendapatkan pengertian bahwasanya pendidikan itu mencakup segala hal dan berlangsung seumur hidup. KOMUNIKASI bisa dikatakan menjadi modal dasar dalam menjalankan peranan kita sebagai makhluk sosial, berkomunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain. Bapak Marsigit telah membangun komunikasi kepada kita semua (para mahasiswa maupun yang lainnya) dengan menerobos batas ruang dan waktu dengan fasilitas powermathematics.blogspot.com. Dari website ini banyak sekali ilmu yang akan kita dapatkan. Dengan menggunakan kegemaran menulisya maka banyak karya yang dihasilkan dan dipergunakan untuk mengembangkan keprofesionalitasan beliau sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak. Banyak hal yang menarik perhatian saya dari interview ini. Antara lain adalah tentang segala yang ada dalam kehidupan kita adalah guru yang terbaik di samping pengalaman, yaitu kemungkinan dan ketidakmungkinan, keterbatasan dan ketidakterbatasan yang selengkapnya tercantum dalam pernyataan menakjubkan sebagai berikut, “My teacher is possibility and impossibility, finite and infinite, limited and unlimited, inside and outside, internal and external, forward and inward, get in and get out, as well as phenomena and noumena”. Selain itu, penegasan yang sangat menyentuh hati saya adalah bahwa uang itu penting untuk mendukung adanya kekreativitasan namun jangan sampai uang mengganggu bahkan menghentikan kekreativitasan itu sendiri. Mungkin refleksi ini tidak akan mencakup semua hal dalam interview ini. Tiga hal penting yang harus ada dan dikembangkan di dalam kehidupan kita dengan dilandasi berbagai landasan positif dan membangun adalah kritis, komunikatif, dan universal. 



No comments:

Post a Comment