Sunday, February 24, 2013

Refleksi IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Mathematics Psycologist Problems




Proses pendidikan itu adalah berlangsung seumur hidup. Sehingga pasti berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia Sehingga dapat menentukan karakter dan berbagai sikap, sifat, serta aksi reaksi seseorang. Di sisi lain, pembelajaran dalam lingkup pendidikan formal adalah juga merupakan salah satu subpendidikan pendidikan secara umum. Dengan kata lain, proses belajar dan mengajar di dalam kelas juga akan memunculkan berbagai reaksi dari dalam diri siswa bahkan bagi seorang guru, termasuk reaksi psikologis. Perlakuan guru terhadap siswa pada khususnya dan terhadap kelas pada umumnya akan memunculkan umpan balik baik secara nyata maupun tidak nyata dan secara langsung maupun tidak langsung dari diri para siswa. Untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran, maka diperlukan identifikasi masalah pembelajaran (dalam hal ini masalah psikologis pembelajaran matematika) dari sudut pandang siswa dan guru, seperti identifikasi masalah psikologis mengajar matematika, psikologi belajar matematika, dan psikologi pembelajaran matematika.

Dalam kajian identifikasi berbagai masalah tersebut, Bapak Marsigit telah menghadirkan berbagai persoalan psikologis dalam kaitannya dengan seluk beluk pembelajaran matematika. Saya tertarik dengan identifikasi masalah yang pertama, yaitu pengaruh banyaknya tugas terhadap kondisi psikologis siswa. Beban mata pelajaran bagi siswa di Indonesia memang relatif banyak, efeknya banyak tugas dan kewajiban berbagi konsentrasi dalam berbagai mata pelajaran tersebut. Pengelolaan dan kebijaksanaan guru dalam menanggapi masalah ini sangat diperlukan melalui berbagai pengkajian yang mendalam serta bereksplorasi dengan berbagai sumber dan narasumber yang ada. Di samping itu masih banyak sekali masalah yang harus segera ditangani secara bijak, rasional, dan sistematis karena merupakan masalah yang krusial dan lazim terjadi pada dunia pendidikan matematika. Dan tentunya dampak psikis masalah psikologis itu juga merupakan problem utama pembelajaran. Hal tersebut seperti tentang motivasi belajar matematika, adanya kesenjanagan potensi matematika dalam satu kelas, keterlibatan siswa dalam proses, berbagai pengembangan komponen pembelajaran yang iovatif, dan masih banyak lagi.

Sebagai calon guru, maka kita masih harus banyak belajar, membaca, meneliti, dan bereksplorasi untuk mengatasi berbagai persoalan ketika nantinya kita gunakan setelah kita terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya – menjadi seorang guru – bagian utama komponen proses pembelajaran di dalam kelas.

Thanks to: Bapak Dr. MArsigit, MA

No comments:

Post a Comment