Friday, March 1, 2013

The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia's Reflection




Yes We Can, Yes We Change




                Perkembangan zaman yang salah satu dampaknya adalah menjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dampak berkembangnya kemampuan dan olah pikir kecerdasan masusia. Ketika arus perkembangan zaman terus bergulir, maka tuntutan kebutuhan perkembangan zaman pun akan menjadi tatangan utama dalam kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran matematika pun diperlukan adanya perubahan sistem pembelajran sebagai jawaban akan tantangan perkembangan zaman. Semakin berkembangnya potensi kecerdasan manusia, maka adanya susatu reformasi adalah sangat wajar. Meskipun hal tersebut sulit untuk dilaksanakan. Namun, reformasi sistem juga penting untuk dilakukan.

                Dalam sistem pembelajaran matematika ada hal-hal fundamental yang menjadi bahan pertimbangan untuk dilakukan perubahan dalam implementasinya. Yang tentunya beertujuan agar terciptanya pendidikan yang lebih baik. Masalah-masalah yang penting untuk dijadikan fokus utama dalam reformasi pembelajran matematika, antara lain adalah bagaimana mengembangkan kurikulum yang interaktif, bagaimana mengembangkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, bagaimana cara mengembangkan pembelajran yang mengedepankan dan memberdayakan inisiatif siswa daripada dominsasi guru, serta bagaimana mengembangkan kurikulum yang sederhana namun fleksibel. Untuk dapat melakukan itu semua maka seorang guru atau pun para calon guru harus banyak-banyak belajar , membaca, meneliti, serta bereksplorasi. Di dalam situ web ini telah tersedia begitu banyak ilmu yang dapat kita ambil yang dijadikan sebagai sumber wahana pembelajaran bagi seorang pendidik. Kecuali itu, juga diperlukan kerja sama dan integrasi antarberbagai komponen pendidikan.

                Ketika akan tercapai sebuah perubahan yang mendasarkan pada; guru dapat berpindah dari metode pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif, dapat menekankan dan memahami makna proes pembelajaran daripada proses mengajar, dan dapat mengubah paradigma pembelajaran sebagai wahana transfer ilmu kepada anak didik menjadi paradigm membangun pengetahuan siswa, maka insya Allah pendidikan khususnya pembelajaran matematika akan menjadi seperti apa yang diinginkan – menuju proses idealisme. 

No comments:

Post a Comment