Sunday, March 10, 2013

IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS's Reflection


Psychological Problem





          Sungguh masih banyak hal yang perlu dipelajari oleh berbagai pihak yang terkait dalam sistem pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Dari pihak guru yang mengajar maupun dari pihak yang berwenang dalam menetapkan kebijakan. Selain itu, sebagai calon guru pun, jauh-jauh hari sebelum kita menjadi seperti apa yang diinginkan (guru) harus banyak-banyak belajar tentang seluk-beluk hakikat dan segala macam permasalahan krusial dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, melakukan analisis masalah pembelajaran merupakan satu hal yang baik dan penting untuk dilakukan. Lebih banyak melakukan analisis terhadap hakikat pembelajaran, labih banyak ilmu yang akan kita dapatkan. Dan tentunya akan berguna ketika nanti ilmu itu tiba waktunya untuk diterapkan. Dalam pembatasan masalah, dalam refleksi ini akan diulas secara singkat tentang permasalahan psikologis dalam proses belajar dan mengajar matematika.

          Telah banyak artikel dalam situs Bapak Marsigit ini menjelaskan tentang bagaimana pentingnya semangat tumbuh dalam diri siswa. antara lain melalui artikel Elegi Permintaan Si Murid Cerdas kepada Guru Matematika dan tentang Architectonic Matematics. Untuk menyempurnakan kemampuan matematika seseorang, maka aspek motivasi memiliki peranan penting dalam implementasinya. Sisi psikologis dari pihak guru pun juga penting untuk diperhatikan dan dipelajari. Misalnya adalah yang berkaitan dengan pengaruh kekuatan emosi guru dalam berjalannya proses pembelajaran dan cara mengatasi nervous dari diri guru dalam memimpin jalannya proses belajar mengajar. Menjadi seorang guru merupakan tugas yang bisa dibilang penuh tantangan. Karena guru akan bertarung dalam konteks psikologis untuk menghantarkan seluruh siswanya menuju tercapaiannya kesuksesan tujuan pembelajaran. Dan yang pasti pertarungan itu tidaklah mudah karena akan banyak rintangan yang menerpa. Seperti, memfasilitasi siswa yang berkemampuan di bawah rata-rata,mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan bagi seluruh siswa, dan segala macam permasalahan psikologis dalam lingkup kelas yang harus menuntut untuk diatasi secara inovatif dan professional.




No comments:

Post a Comment