Wednesday, March 20, 2013

Mathematics and Language's Reflection


            Ketika komunikasi disebutkan sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah proses pembangunan kepahaman, maka berbagai faktor yang merujuk pada keefektifan komunikasi harus senantiasa dipelajari dan dikembangkan (menuju hasil yang lebih baik) dalam pengimplementasiannya. Komunikasi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu basis jembantan kepahaman materi. Dengan kata lain, komunikasi yang baik sangat penting untuk dapat dilakukan dalam menjalankan proses belajar mengajar. Salah satu instrument yang paling mempengaruhi dalam menentukan efektif tidaknya suatu komunikasi ialah penggunaan bahasa dan simbol. Termasuk di dalamnya diksi, sistematika kalimat, dan cara penyampaiannya. Oleh karena itu, pemahaman akan ke-bahasa-an  serta symbol-simbol terkait bisa dikatakan sebagai kebutuhan dalam proses pembelajaran. Melalui bahasa, akan terucap kata dengan berbagai makna yang dapat diterjemahkan dengan berbgai sudut pandang oleh agen komunikasi. Begitu pula dengan symbol. Sehingga, diperlukan suatu pemilihan tata bahasa yang pas dalam mengajar, erutama mengajar matematika.

            Bahasa dalam matematika sesungguhnya memiliki makna yang mampu membantu proses kepahaman matematika seorang siswa. Misalnya dengan menghadirkan permasalahan matematika kontekstual dengan dunia dan pikiran siswa. Namun, banyak guru yang kurang berani untuk membiasakan berinovasi dan mengeksplorasi kemampuan berbahasa dan pengguanaan symbol matematik yang sesuai dengan materi untuk digunakan sebagai jembatan kepahaman materi. Sehingga, selama ini dari gurunya sendiri juga membatasi ruang matematika yang hanya bergerak dalam bidang angka, rumus, dan garis. Tidak pernah mengenal bahsa matematika. Sempitnya ruang gerak matematika itu diteruskan ke siswa-siswanya. Alhasil, banyak yang menganggap bahwa matematika adalah angka. Matematika adalah rumus. Matematika sulit dipahami. Itu semua hanya karena kurang komunikasi dan efektivitas penggunaan bahasa matematika dalam proses pembelajaran.

No comments:

Post a Comment