Tuesday, April 23, 2013

Refleksi Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal


Ada dua point utama yang dapat saya ambil dari tulisan “Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi Awal” ini, yakni tentang ikhlas dalam ranah sosial dan keikhlasan dalam ibadah. Selengkapnya akan saya paparkan dalam refleksi singkat berikut ini;

Sesungguhnya ikhlas merupakan suatu sikap yang tidak mempedulikan pendapat manusia akan niat perilakunya. Tidak berkurang bila dicaci dan tidak bertambah bila dipuji. Ikhlas dapat ditempuh dengan jalan ikhlas itu sendiri. Karena ketika seseorang melakukan suatu tindakan dengan jalan ikhlas, maka tidak akan ada rasa pamrih atau pun alasan-alasan lain yang mendasari tingkah lakunya, misalnya dilatarbelakangi untuk pamer, benih kesombongan, dan lain sebagainya.

Suatu tindak kebaikan atau pun ibadah sebaiknya dilakukan secara rutin, tidak hanya secara musiman. Misalny, ketika kita sedangmembutuhkan pertolongan dari Allah Yang Maha Pencipta, kita baru memulai berdoa. Ketika akan ujian kita baru berdoa dan banyak beribadah. Hal tersebut merupakan suatu tindakan yang kurang terpuji. Bila dimaknai lebih mendalam, maka berdoa hanya jika membutuhkan dan beribadah hanya bila menginginkan sesuatu merupakan salah satu tindakan yang tidak dilandasi dengan jiwa yang ikhlas.

No comments:

Post a Comment